Kamis, 13 Desember 2018

HCSR PROSFIC 2018: Tandur Mangrove kanggo Anak Putu


Minggu, 25 November 2018 Probolinggo StreetFire Community(PROSFIC) melakukan program acara Honda Community Social Responsibility(HCSR). Bertepatan dengan letak geografis kota Probolinggo berada dibibir pantai utara pulau jawa, maka komunitas PROSFIC mengusung tema "Ninggalno Warisan Tandur Mangrove kanggo Anak Putu" karena begitu banyak manfaat yang diperoleh.

Data The World Atlas of Mangroves tahun 
2010 menyebutkan Indonesia memiliki kawasan 
hutan mangrove seluas 3 juta hektar atau 20% dari 
total luas kawasan hutan mangrove dunia yang 
mencapai sekitar 15 juta hektar.
Hutan mangrove bermanfaat besar bagi penduduk Indonesia yang mencapai 40%-50% tinggal di daerah dekat pantai, yakni mencegah abrasi dan tsunami, serta peresapan air laut ke daratan. Oleh karena itu, upaya-upaya pelestarian hutan mangrove perlu terus digalakkan karena Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki banyak pantai.

Rehabilitasi dengan penanaman pohon mangrove menjadi bagian dari program acara HCSR. Program ini berorientasi pada perbaikan fungsi ekosistem prioritas, dan juga sejalan dengan upaya yang sedang dilakukan oleh pemerintah dalam mengintegrasikan pembangunan sektoral dengan daya dukung lingkungan di tingkat bentang alam. Program HCSR turut mendukung dan berkontribusi mewujudkan komitmen pemerintah untuk menurunkan emisi gas rumah kaca sebesar 26% pada tahun 2020 dengan memperbanyak penanaman pohon dan reforestasi.

Mengingat manfaatnya yang begitu besar, perlu peran serta seluruh elemen bangsa untuk saling bahu-membahu memberikan kontribusi dalam rehabilitasi Dan pelestarian hutan mangrove. Probolinggo Streetfire Community (PROSFIC) pada Minggu, 25 November 2018, turut andil dalam upaya mulia tersebut. Probolinggo Streetfire Community ini bekerja sama dengan pihak pemerintahan serta pengelola Eko Wisata Mangrove Center, untuk menanam pohon mangrove dikawasan Pantai Duta, Paiton, Probolinggo.
Penanaman pohon mangrove ini dilakukan oleh anggota club Probolinggo Streetfire Community (PROSFIC). Kegiatan tersebut merupakan salah satu rangkaian program kepedulian sosial HCSR. Lingkungan hidup dipilih menjadi fokus kegiatan PROSFIC dan HCSR pada tahun ini.
Semoga kegiatan yang telah dilakukan dapat berdampak baik dan bermanfaat untuk orang banyak.
“Bumi yang kita tinggali merupakan titipan untuk diwariskan kepada anak cucu. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk bertanggung jawab, bersama-sama untuk merawat lingkungan”.

Salam,
Guyub Rukun

Galery acara HCSR PROSFIC 2018:









Share:

0 komentar:

Posting Komentar